Getty Images/Justin Edmonds

303agent - Manchester United membuka kiprah mereka di turnamen pramusim bertajuk International Champions Cup dengan mengalahkan wakil Italia AS Roma dengan skor tipis 3-2.

Bermain di Sports Authority Field at Mile High, Minggu (27/7/2014) dinihari WIB, MU menurunkan formasi sama 3-5-2 seperti saat membantai LA Galaxy 7-0 beberapa hari lalu.

Sejumlah perubahan dilakukan Louis van Gaal dengan menempatkan Sam Johnstone di bawah mistar menggantikan David De Gea. Lalu Phil Jones dan Jonny Evans di posisi centre back dengan Tyler Backett mengisi tempat Chris Smalling.

Lima pemain tengah diisi Antonio Valencia, Tom Cleverley, Ander Herrera, Reece James, dan Juan Mata yang beroperasi sebagai gelandang serang di belakang duet Wayne Rooney serta Danny Welbeck.

Sementara itu Roma menurunkan sejumlah pemain pelapisnya sama seperti saat melawan Liverpool seperti kiper Lukasz Skorupski, Arturo Calabresi, Aleesio Romagnoli, dan Emanuelson di lini belakang.

Salin Ucan, Seydou Keita, dan Leandro Paredes di lini tengah mendukung trio Juan Iturbe, Mattia Destro, dan Alessandro Florenzi.

Roma memulai laga dengan oke ketika mereka menekan pertahanan MU di menit-menit awal dan di detik 86 sepakan lob Destro dari jarak 20 meter nyaris menjebol jala lawan.

Cuaca panas serta udara yang lembab membuat water break diadakan setiap 25 menit sekali.

Di menit 36 Rooney membuka keunggulan MU lewat sepakan melengkung yang cantik dari jarak 20 meter dan membuat bola bersarang di pojok kanan atas gawang Roma.

Keunggulan MU bertambah di menit 39 kali ini umpan panjang Rooney dari daerah permainan sendiri menemui Mata yang lolos dari jebakan offside. Dengan dingin ia menempatkan bola ke dalam gawang.

MU mendapat penalti di menit 45 menyusul pelanggaran Emanuelson pada Welbeck dan dieksekusi dengan sempurna oleh Rooney.

Masuk di babak kedua MU melakukan pergantian 10 pemain kecuali Cleverley yang menjabat kapten tim, sementara Roma tetap dengan skuat sama seperti babak pertama.

Roma memperkecil kedudukan di menit 75 lewat gol spektakuler Miralem Pjanic yang melepaskan bola lob dari jarak 50 yard dan menaklukkan Ben Amos di bawah mistar.

Di 10 menit terakhir Roma yang tertinggal 1-3 coba mengejar dan sepakan akrobatik Leandro Castan nyaris menjebol jala MU andaikan mistar gawang tak menyelamatkannya.

Roma memperkecil kedudukan jadi 2-3 di menit 88 lewat penalti Francesco Totti menyusul handball Michael Keane. Skor tersebut bertahan hingga laga usai untuk kemenangan MU.

Tergabung di Grup A, MU selanjutnya akan melawan Inter Milan 29 Juli mendatang sementara Roma hadapi Real Madrid di tanggal yang sama.